Jumat, 28 Maret 2014

5 Penyebab Telinga Anda Rusak

Bukan Penipu - Telinga adalah salah satu dari panca indra yang sangat penting dan sangat kita butuhkan. Dengan berfungsinya telinga, kita dapat mendengar agar aktifitas kita sehari-hari dapat terbantu. Coba anda bayangkan atau anda lihat sendiri orang-orang yang tuna rungu. Mereka akan kesulitan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang ada di sekitar mereka.

Karena telinga adalah indra yang sangat penting untuk kita. Kita harus menjaga dan merawatnya dengan baik dan jangan sampai kita tidak bisa mendengar karena telinga kita rusak.

Namun, terkadang ada hal-hal yang mungkin sudah kita anggap biasa yang justru memicu kerusakan pada telingga kita. Karena sebuah kecerobohan kita tidak bisa mendengar dengan baik. Dan imbasnya kita tidak bisa berinteraksi. Nah, kali ini saya akan share 5 penyebab yang bisa membuat telinga anda menjadi rusak seperti yang dilansir vivalife. Apa saja penyebab kerusakan pada telinga kita?

telinga
Source : leniblogs.blogspot.com


Berikut ini adalah lima penyebab telinga anda rusak.

1. Penggunaan Obat tetes

Memakai obat tetes telinga memang sering sebagai alternatif jika terjadi radang pada telinga. Namun, penggunaan obat tetes ini juga tidak baik. Cairan bahan seperti obat tetes sangat membahayakan telinga. Telinga anda bisa mengalami kerusakan permanen jika terus menggunakan obat tetes.

2. Menyelam

Dalam olahraga menyelam, terjadinya masalah pada telinga memang sangat rentan sekali. Tekadang terjadi masalah yang membuat air masuk dan menyumbat telinga sehingga kita tak bisa mendengar. Karena tekanan air yang sangat kuat, jadi berhati-hatilah saat anda menyelam.

3. Cotton bud

Cotton bud merupakan alat pembersih telinga yang paling populer dan paling sering digunakan untuk membersihkan telinga. Namun, ternyata jika anda terlalu sering menggunakanya, pendengaran anda juga akan terganggu dan dapat membuat gendang telinga anda menjadi rusak. Jadi, kurangilah menggunakan cotton bud. Baca juga : Penyebab Bau Mulut atau Halitosis

4. Olahraga kasar

Olahraga keras seperti gulat, tinju dan lainnya adalah olahraga yang juga dapat menyebab telinga anda menjadi rusak. Hal tersebut disebabkan pukulan-pukulan yang mengenai bagian telinga sehingga terjadi auricular hematoma, atau kuping belang (cauliflower ear) mengalami infeksi sehingga membuat telinga menjadi bengkak dan lebam.

5. Tindik Telinga

Memilik banyak tindikan ditelinga saat ini memang sudah menjadi tren anak muda masa kini. (nah lho?) kalau bisa telinganya penuh dengan anting. Hal demikian sangat tidak bagus bagi telinga. Karena tindikan pada bagian keras daun telinga dapat menyebabkan infeksi yang serius dan menimbulkan bercak merah di bagian telinga anda.

nah itulah dia 5 penyebab telinga anda rusak. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.
jangan lupa untuk membaca artikel blog ini yang lain anda bisa melihatnya di populer post.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon