Minggu, 16 Februari 2014

Penyebab Bau Mulut atau Halitosis

Bukan Penipu - masalah bau mulut terkadang membuat kita menjadi tidak pecaya diri. Bau mulut memang sangat sepele tapi sangat berpengaruh bagi anda dan orang-orang yang ada di sekitar anda.

halitosis
bau mulut atau halitosis ada dua jenis yaitu transient dan persistent. Bau mulut transient sifatnya hanya sementara dan bisa dihilangkan dengan cara berkumur atau menyikat gigi. Sedangkan yang Persistent sifatnya lebih permanen dan menimbulkan masalah yang serius.

Bau mulut transient memang sangat mudah di hilangkan, kita hanya perlu menjaga kebersihan mulut dan gigi. Namun untuk menghilangkan bau mulut persistent menbutuhkan sebuah penelusuran atau kita harus mendiaknosa apa yang menyembabkan bau mulut ini terjadi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang mendasari bau mulut

1. Makanan
Mengkonsumsi makanan yang berbau khas seperti jengkol,petai,bawang putih, bawang merah dapat menyebabkan bau mulut. Kandungan yang ada pada makanan tersebut akan terserap kedalam aliran darah selama terjadinya proses pencernaan makanan. Pada saat didalam paru-paru, bau busuk tersebut akan ikut keluar bersama udara ketika kita mengeluarkan nafas. Bau mulut yang disebabkan makanan sendiri dapat bertahan selama kurang lebih 3 hari.

2. Rokok dan alkohol

Zat rokok seperti nikotin dan tar dapat menempel pada sekitar mulut dan sekitar perut. Hal tersebut dapat menyebabkan bau mulut dan resiko penyakit periodontal.

Begitu juga ketika kita mengkonsumsi alkohol, mengkonsumsi alkohol atau minuman keras berpotensi mengakibatkan permasalahan pada sistem tubuh dalam mencerna dan juga menyebabkan bau mulut.

3. Kebersihan mulut tak terjaga

Menjaga kebersihan mulut sangatlah penting. Jika kondisi mulut penuh dengan sisa-sisa makanan maka berbagai jenis bakteri akan mengurai sisa makanan tersebut dan menyebarkan gas hidrogen sulfida yang menyebabkan mulut menjadi bau busuk.

4. Mulut kering dan puasa

Mulut yang kering atau produksi air liur yang sedikit dapat menyebabkan mulut kita menjadi bau. Hal tersebut tersebut terjadi karena air liur memilik peran penting dalam membersihkan dan melembabkan mulut. Selain itu Air liur dapat membunuh bakteri di dalam mulut.

Puasa juga dapat memicu bau mulut karena pemecahan ketoasidosis.

5. Penyakit

peyebab bau mulut juga bisa berasal dari ada penyakit dalam tubuh kita seperti kanker, paru-paru dan gagal ginjal.

selain yang sudah saya jelaskan di atas ada juga penyebab lainnya yang bisa memicu bau mulut diantaranya : dehidrasi, penggunaan gigi palsu,gangguan pada hidung dan infeksi pada tenggorokan.

Baca juga Cara Menggemukan Badan Secara Alami

Demikian penjelasan saya mengenai penyebab bau mulut mungkin dapat menjadi acuan bagi anda.

Artikel Terkait

3 komentar

wah banyak juga ya mas hal yang bisa menyebabkan bau mulut. Bikin nggak pedhe ya :)

Gak enak banget pastinya ya mas kalo bau mulut dan pastinya membuat kita jadi gak percaya diri deh :)

dapat berpangaruh pada pergaulan ...sehingga kurang percaya diri


EmoticonEmoticon