Jumat, 19 September 2014

Cara Membedakan Madu asli dan Campuran Dengan Tepat

Tags

Bukan Penipu - Sekarang ini banyak sekali konsumen atau pembeli madu yang tertipu oleh para penjual madu. Mereka tidak tahu kalau madu yang selama ini mereka beli bukanlah madu Asli. Ada juga yang sudah lama membeli madu namun akhirnya sadar kalau madu yang di beli sebelumnya itu bukan madu asli. Kebanyakan orang mengetahui kalau madu yang mereka beli ternyata tidak murni dipengaruhi beberapa faktor.

1. Konsumen membeli madu ditempat yang berbeda-beda.
Dalam hal ini yang membuat kosumen curiga antara lain adalah warna madu yang mereka beli antara satu penjual dengan penjual lain sedikit berbeda. Ada yang berwarna sedikit gelap dan ada yang kuning terang atau ada juga yang berwarna keemasan. Rasa madu yang berbeda juga membuat konsumen sadar kalau ada salah satu tempat yang menjual madu campuran atau palsu.

2. Kosumen Info dari tetangga kalau ternyata madu yang selama ini mereka beli adalah palsu.

3. Konsumen mendapat tips dari tetangga tentang bagaimana caranya mengetahui ciri-ciri madu murni.

4. Kosumen tersebut ternyata tidak sengaja membaca artikel ini dan menguji coba tips dibawah pada madu yang telah mereka beli. Dan akhirnya mereka sadar kalau madu tersebut bukanlah madu yang asli.

Pada dasarnya madu itu semuanya "ASLI". coba kalian baca di tempat penjual madu. Pasti ada tulisan JUAL MADU ASLI. Tapi tidak semua madu itu MURNI. Maksudnya madu murni itu adalah madu yang dihasilkan lebah tanpa dicampur zat apapun seperti air gula.

madu

Nah, untuk anda yang tidak ingin tertipu oleh penjual nakal yang ingin untung besar maka ada wajib melakukan cara-cara dibawah ini.

Cara Membedakan Madu asli dan Campuran Dengan Tepat.

baca juga : 6 manfaat madu bagi tubuh.

1. Panaskan sampai berbusa
Tips yang pertama ini tidak cocok jika anda gunakan untuk mengujinya di tempat si penjual jika anda memiliki sifat penakut atau pemalu. Tetapi jika anda benar-benar tidak ingin tertipu maka anda harus menyiapkan sebuah lilin, kemudian sendok dan target operasinya yaitu MADU.

Ambil sesendok madu, kemudian panaskan menggunakan lilin yang sudah dihidupkan apinya. Tunggu sampai panas sampai Madu mengeluarkan banyak busa dan tumpah/melimpah dari sendok.

Perbedaan : madu asli/murni akan mengeluarkan busa yang banyak jika dipanaskan sementar madu campuran akan mengeluarkan sedikit busa/buih.

2. Gunakan kertas
Jika anda tidak ingin repot maka ada bisa menggunakan cara yang lebih simpel yaitu. Ambil sedikit kertas kemudian oleskan madu ke kertas tersebut. Selanjutnya sobeklah kertas tersebut. Nah, jika kertas tersebut tidak mudah sobek maka madu yang anda beli itu madu asli. Hal ini terjadi karena kandungan air pada mau sangat sedikit. Sebaliknya jika kertas tersebut menjadi sangat lembek/lunak dan sangat mudah disobek (seperti kertas yang sudah dicelupkan ke air) maka madu tersebut adalah madu campuran. Hal ini karena madu tersebut sudah dicampur (air) sehingga kadar airnya menjadi banyak dan air campuran tersebut meresap dikertas dan membuat kertas menjadi mudah disobek.

Perbedaan 2 :
madu asli : kertas tidak mudah sobek
Madu palsu : kertas mudah sobek

3. Menggunakan korek api kayu
Oleskan madu pada pentol/ujung korek api kayu. Tunggu sejenak sampai agak kering kemudian coba anda hidupkan dengan cara menggesekan ke kotaknya. Jika hidup maka madu tersebut asli.

Perbedaan 3 :
madu asli : korek api akan hidup
palsu : korek api tidak akan hidup alias melempem.

4. Masukan madu kedalam Freezer
Kalau cara yang ini khusus untuk anda yang masih ingin lebih meyakinkan saja.
Caranya masukan madu yang baru anda beli kedalam freezer atau kulkas. Jika madu yang tersebut asli maka madu tidak akan membeku alias keras seperti Es batu.

Perbedaan 4 :
Madu asli : tidak akan beku
madu palsu : jadi beku karena kandungan air campuran.
Nah, itulah cara mudah membedakan madu murni dan campuran dengan tepat dan cepat. Semoga mulai sekarang anda tidak akan tertipu dengan madu campuran.

Artikel Terkait

2 komentar

Kalu madu asli sudah dimasukkan dalam freezer apa bisa dikonsumsi lagi setelah dilelehkan?
Jasa Website Murah


EmoticonEmoticon