Senin, 27 April 2015

Manfaat jamur tiram untuk kesehatan

Jamur tiram atau yang bahasa kerennya pleurotus ostreatus adalah jenis jamur yang aman alias bisa dimakan oleh manusia. Jamur ini termasuk ke dalam kelas Homobasidiomycetes dari kelompok basidiomycota. Jamur tiram memiliki bentuk seperti tiram dan berwarna putih(ada juga warna cream). Biasanya jamur tiram tumbuh pada pohon ayau kayu yang sudah lapuk. Namun, saat ini sudah banyak orang yang membudidayakannya sehingga saat ini jamur tiram mudah didapat. Selain aman dan bisa dimakan ternyata jamur tiram juga memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Manfaat apakah yang dimaksud?




Manfaat jamur tiram untuk kesehatan
jamur tiram

Berikut ini manfaat jamur tiram untuk kesehatan.

1. Melindungi sel dalam tubuh
Jamur tiram yang biasa kita makan ternyata memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dalam tubuh kita. Hal tersebut sudah diteliti oleh Joy dubost. Karena jamur tiram memiliki kandungan antioksidan unik yang disebut ergothioneine yang hanya terdapat padda jamur tiram. 

2. Bergizi tinggi
Jamur tiram memiliki nilai gizi yang tinggi, kaya akan nutrisi, dan rendah kalori. Didalam jamur tiram terdapat kandungan vitamin C, vitamin B-1, vitamin B-1, zat besi, seng, kalsium, kalium, asam folat, fosfor, dan niasin. Dengan kandungan tersebut jamur tiram dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena banyak gizi dan rendah kalori maka jamur tiram sangat cocok kasuk menu diet anda.

3. Anti bakteri
Sebuah studi menemukan bahwa jamur tiram mengandung senyawa aktif benzaldehida. Senyawa tersebut dapat mengurangi infeksi yang disebabkan oleh bakteri serta menangkal bakteri.

Setelah membaca artikel Manfaat jamur tiram untuk kesehatan tentu kalian sudah tahu kalau jamur tiram itu sangat bermaanfaat dan menyehatkan. Sekarang anda tak perlu ragu lagi mengkonsumsi jamur tiram setiap hari.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon