Rabu, 19 Februari 2014

Tips Menlancarkan Sistem Pencernaan yang Terganggu

Bukan Penipu - Pernahkah anda mengalami masalah pada sistem pencernaan?. Memang mengalami masalah pada sistem pencernaan yang tidak berfungsi pada semestinya adalah suatu hal yang sangat mengganggu. Kita menjadi bingung mencari solusi mengatasinya.

Cara yang terbaik untuk memperbaiki sistem pencernaan yang tidak normal adalah memperhatikan makanan apa yang anda konsumsi.

berikut ini adalah tips untuk memperlancar sistem pencernaan.

1. Mengunyah makanan sampai halus

Pada saat makan kebanyakan orang selalu tergesa-gesa dan ini cepat cepat menelan makanan tersebet. Namun kebiasaan tersebut sebaiknya dihilangkan. Kunyahlah makanan sampai halus, karena dengan begitu sistem pencernaan pada perut anda dapat bekerja secara optimal. Makanan yang tidak dikunyah dengan halus akan menimbulkan masalah pada sistem pencernaan anda. Apalagi Jika makanan yang anda makan sedikit keras dan langsung anda telan.

Tips dari Bukan Penipu sebaiknya pilih lah makanan yang lembut dan tidak terlalu keras atau yang sangat keras seperti batu.

2. Makan Secara Perlahan

Makanlah dengan perlahan karena anda tidak sedang berada pada arena lomba makan cepat. Makanlah dengan santai, nikmati makanan anda. Jika anda sedang terburu-buru , pilihlah makanan yang ringan seperti yogurt,kacang-kacangan,buah buahan dan lain sebagainya.

satu hal yang harus anda ketahui cara makan seperti ini selain dapat melancarkan sistem pencernaan juga sangat cocok untuk anda yang lagi menjalankan program diet. Kalau tidak percaya silahkan dicoba sendiri.

3. Hindari makanan yang dapat mengganggu pencernaan

Hindarilah makanan olahan yang memiliki banyak bahan tambahan seperti roti putih dan keripik kentang. Makanan tersebut dapat menyebabkan perut keram,kembung dan masalah lainnya karena makanan tersebut bergerak cepat melalui pencernaan.

Selain itu makanan yang pedas juga sangat berpotensi mengganggu sistem pencernaan. Jika anda suka pedas sebaiknya mengurangi porsi sambal yang ada di piring anda.

4. Minum air putih yang banyak

Seperti yang saya jelaskan pada artikel saya yang kemaren-kemaren bahwa air putih itu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Termasuk untuk memperlancar sistem pencernaan anda.

minumlah air putih 7 sampai 8 gelas setiap hari. Atau anda juga bisa minum minuman yang hangat seperti wedang jahe dan teh. Ingat jangan minum minuman keras!!
baca juga :
3 Hal yang Tidak Perlu Anda Korbankan Demi Pacar

5 Olah raga

Berolahragalah setiap hari olah raga tidak perlu yang berat-berat. Olahragalah sesuai dengan fisik anda. Jangan sampai anda jatuh sakit karena terlalu keras ber-olah raga. Anda bisa melakukan jalan santai sekitar 30 menit atau melakukan jogging selama sepuluh sampai 15 menit.

Itulah tips dari saya tentang melancarkan dan mencegah gangguan pada sistem pencernaan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Artikel Terkait

4 komentar

tks tipsnya mas..Memang penting kesehatan pencernaan itu..:)

yang paling gampang minum air putih yang banyak...

wah susah juga ya mas kalau pencernaan nya bisa terganggu getu. Harus dicoba nih tips nya :)

bisa dipraktekkan nih, thanks ya


EmoticonEmoticon