Selasa, 03 Juni 2014

5 Tips Mengindari Konflik dengan Rakan Sekantor

Tags

Bukan Penipu - Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa di tempat bekerja sering sekali terjadi keributan atau konfik antar sesama pegawai atau teman kerja. Pada saat di tempat kerja mungkin anda dapat dengan mudah terlibat permasalahan dengan rekan seprofesi anda jika anda tidak bisa menjaga sikap. Nah, agar anda terhindar dari keadaan seperti itu. Ada baiknya bagi anda membaca dengan seksama lima tips agar anda terhindar dari konflik dengan rekan kerja sekantor.

konfik sekantor
gitadine.blogspot.com

1. Hindari Gosip

Menjauhlah ketika para penggosip di kartor anda sudah berkicau. Jangan sampai anda ikut-ikutan menggosip apalagi jika anda menjadi raja atau ratu gosip. Ini adalah cara yang sangat tepat dan sangat baik untuk anda menghindari konflik dengan teman satu kantor. Membicarakan atau menyebarkan kabar yang belum tentu benar dapat membuat pandangan orang terhadap anda menjadi jelek.

2. Jangan membesar-besarkan masalah.

Jika teman anda sedikit mengganggu pekerjaan anda atau perkataannya menyinggung anda. Cabalah untuk mengatakan kekesalan anda kepada dia dengan nada yang lembut dan tenang. Jika anda terpancing emosi dan marah-marah maka hal tersebut tidak akan menyelesikan masalah anda. Justru masalah akan menjadi besar dan orang lain bisa-bisa datang dan memperkeruh permasalahan.

3. Mendengarkan sebelum anda berbicara

Cobalah untuk mendengarkan kata-kata teman sekantor anda sampai selesai terlebih dahulu. Hal tersebut akan membuat teman anda lebih merasa di hormati. Mendengarkan sampai selesai juga agar anda dapat menghindari terjadinya kesalah pahaman atau miss komunikasi.

4. Menenangkan diri.

Tenangkanlah diri anda ketika ada salah seorang teman anda yang membuat hati anda panas alias datang tukang kompor. Cobalah, menarik nampas yang panjang dan keluarkan secara perlahan sampai anda tenang. Jangan sampai anda terpancing emosi yang berakibat pada konfik dengan teman atau rekan kerja anda.

5. Beroientasi Pada solusi

ketika anda sudah memiliki sedikit masalah pada rekan anda janganlah mencoba untuk membalas dendam atau menjatuhkan rekan anda tersebut. Carilah solusi permasalahan anda, lakukan introfeksi diri dimana letak kesalahan anda. Nah, dari sana anda dapat membuat diri anda terhindar dari konfik dengan teman satu kantor anda.

nah, itulah 5 tips menghindari konflik dengan teman atau rekan sekantor.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon