Kamis, 15 Januari 2015

Manfaat Buah Semangka bagi kesehatan



Buah semangka adalah buah yang berbintuk bulat seperti bola dan memiliki warna belang-beleng hijau tua dan hijau tua. Kebanyakan buah ini memiliki daging buah yang berawarna merah serta mengandung bayak air dan meliliki biji-biji kecil yang berwarna hitam. Buah ini sangat mudah kita temukan dan serinng kita jumpai di daerah tropis seperti di indonesia. Mengenai rasa, buah semangka memiliki rasa yang manis dengan komposisi air yang sangat banyak pada daging buahnya.

gambar : abahroros.blogspot.com

Selain rasanya yang enak dan dapat diolah dengan berbagai macam olahan. Ada hal luar biasa lainnya yang dapat anda manfaatkan. Mungkin belum banyak yang tahu kalau buah semangka ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anda. Nah, daripada anda penasarah dengan manfaat apa saja yang terkandung di dalam semangka, berikut ini langsung saja anda baca manfaat semangka untuk kesehatan.

1. Menyehatkan mata
Buah semangka sangat bermanfaat untuk membuat mata anda selalu sehat. Hal tersebut karena didalam buah ini terkandung betakarotin yang cukup banyak dan kemudian diubah oleh tubuh menjadi vitamin A setelah anda konsumsi. Seperti yang kita ketahui kalau vitamin A sangat baik dan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.

baca juga : Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Mudah dan Alami

2. Menyehatkan kondisi jantung
Didalam buah semangka terdapat kandungan yang dapat tetap selalu menjaga kesehatan jantung manusia. Kanduangan tersebut adalah likopen. Likopen akan membuat jantung anda lebih sehat dan kuat.

3. Melindugi tubuh dari radikal bebas
Siperti yang kita ketahui bersama kalau saat ini polusi dan pencemaran udara ada dimana-mana. Polusi tersebut beragam sumbernya seperti asap kendaraan dan asap pabrik. Polusi tersebut dapat memicu masuknya radikal bebas kedalam tubuk anda. Hal ini jika berlangsung terus menerus akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh anda. Senyawa karotenoid yang ada pada semangka bisa menetralkan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh anda. Sehingga dapat mengurangi bahaya radikal bebas.

4. Menyehatkan dan manguatkan tulang
Kandungan lainnya yang ada didalam buah semangka adalah kanduangan Kalsium. Dangan tambahan kalsium yang anda dapatkan dari mengkonsumsi semangka maka akan membantu membuat kondisi tulang anda semakin kuat dan dapat menggantikan beberapa kalsium yang hilang.

5. Menyehatkan kondisi ginjal
Dengan mengkonsumsi semangka secara tidak langsung akan membantu tubuh anda dalam memperlancar aliran air seni atau urine anda. Dengan lancarnya aaliran urine maka membuat ginjal anda lebih sehat.

6. Membatu mengurangi lemak.
Kandungan citruline yang terdapat didalam buah semangka dapat membantu mengurangi lemak yang berlebihan didalam tubuh anda. Dengan begitu anda tidak perlu takut obesitas.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tidak hanya kandungan yang sudah diuraikan diatas yang memberikan manfaat bagi tubuh anda. Tetapi ada banyak kandungan lainnya yang juga dapat membuat tubuh anda menjadi lebih sehat separti vitamin C yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh anda semakin sehat.

Setelah anda membaca tulisan diatas, apa yang akan anda lakukan? Silakan lakukan hal apapun yang ingin anda lakuka asalkan itu tetap menyehatkan tubuh anda.

Artikel Terkait

2 komentar

saya sangat senang mengkonsumsi buah yang satu ini, semangka, ternyata banyak juga ya manfaat dari buah semangka ini..

saya suka buah semangka, selain bayakmanfaatnya juga bikin seger karena mengandung banyak air.


EmoticonEmoticon